Kamis, 20 Maret 2014

Gondongan... lagi

Apa sih gondongan yang bikin kita gondok? #eh :D ehm, sebenarnya gondongan adalah sakit bengkak pada daerah sekitar bawah telinga sampai ke bawah rahang pada anak usia 2-12 tahun.  Menurut dr. H. Rachmat Kurdi, Sp.A  dari RSIA Hermina Jatinegara, gondongan adalah penyakit infeksi akut akibat virus mumps. Penyakit ini disebut juga parotitis  atau mumps . “Orang awam biasa menyebutnya gondongan,” lanjut Rachmat. Penyakit infeksi ini sering menyerang anak-anak, terutama usia dua tahun ke atas.
Virus ini menyerang beberapa lokasi. Ada yang menyerang kelenjar ludah di bawah lidah, ada juga yang menyerang kelenjar ludah di bawah rahang dan di bawah telinga (parotitis) . Masa inkubasinya sekitar 14 sampai 24 hari setelah kuman masuk. Biasanya, lanjut Rachmat, pada awalnya yang membengkak hanya sebelah, baru kemudian menjalar ke sebelah yang satunya. “Misalnya dari sebelah kiri dulu, baru kanan. Atau sebaliknya.” Bengkak ini timbul setelah infeksi virus berlangsung 2 atau 3 hari. “Jadi, biasanya mulai membengkak setelah 3 hari,” ujar Rachmat.
contoh anak bule gondongan. ternyata gak cuman di endonesyah *iya gue norak* :D
Gejala gondongan biasanya dimulai dari demam, pusing, mual, dan pegal-pegal di otot, terutama otot-otot di daerah leher. Gondongan termasuk self limiting disease  atau akan sembuh sendiri meski tidak diobati. “Karena itu, sebenarnya tidak ada obat untuk gondongan,” ujar Rachmat. Tetapi, gondongan bisa menjadi berat dan lama. “Tergantung kerusakan sel-sel di kelenjar ludah,” ujar Rachmat. Tetapi, pada umumnya sel-sel kelenjar ludah yang terkena virus tidak akan sampai hancur, dan hanya membengkak.
Biasanya sih orang jaman dulu atau orang awam menggunakan blau / bulao (bahasa Sunda) untuk menyembuhkan gondongan. Padahal obat untuk gondongan sendiri gak ada dan bisa sembuh dengan sendirinya. Justru yang diobati adalah penyakit ikutannya seperti influenza, radang tenggorokan, sakit kepala, atau bahkan sakit testis.
Aku sih ke DSA waktu pertama kali Salman sakit karena penasaran apa kata tenaga medis. Terbukti, dokter mengatakan bahwa gondongan bisa kempes sendiri. Tapi kemudian dikasih obat flu juga karena Salman batpil. Penyembuhan gondongan Salman tahun lalu itu membutuhkan waktu sekitar 10 hari dari gejala, inkubasi, karantina, hingga recovery. Iya, karantina. Aku gak ngebolehin Salman bermain dulu karena bisa menular dari air liur yang mungkin saja muncrat ketika sedang berbicara, bersin, dan air seninya. Juga gak tukeran alat makan dengan abangnya, Umar.

Masa tunas (masa inkubasi) penyakit Gondong sekitar 12-24 hari dengan rata-rata 17-18 hari. Tanda dan gejala yang timbul setelah terinfeksi dan berkembangnya masa tunas dapat digambarkan seperti ini :
1. Pada tahap awal (1-2 hari) penderita Gondong mengalami gejala: demam (suhu badan 38.5 – 40 derajat celcius), sakit kepala, nyeri otot, kehilangan nafsu makan, nyeri rahang bagian belakang saat mengunyah dan adakalanya disertai kaku rahang (sulit membuka mulut).
2. Selanjutnya terjadi pembengkakan kelenjar di bawah telinga (parotis) yang diawali dengan pembengkakan salah satu sisi kelenjar kemudian kedua kelenjar mengalami pembengkakan.
3. Pembengkakan biasanya berlangsung sekitar 3 hari kemudian berangsur mengempis.
4. Kadang terjadi pembengkakan pada kelenjar di bawah rahang (submandibula) dan kelenjar di bawah lidah (sublingual). Pada pria akil balik adalanya terjadi pembengkakan buah zakar (testis) karena penyebaran melalui aliran darah.
Ini ada beberapa cara menyembuhkan gondongan:
Untuk meredakan panas / demam yang disebabkan sakit gondongan berikan obat penurun panas atau demam yang sesuai dengan usia anak tersebut atau dengan rujukan dari dokter yang Anda percaya . Sedangkan untuk menyembuhkan bengkak yang disebabkan sakit gondongan berikut ini caranya :
Cara pertama : Siapkan beberapa ranting belimbing muda beserta daunnya kira-kira 7 ranting atau lebih . Siapkan 4 buah  bawang merah ukuran sedang . Campurkan kedua bahan tersebut kemudian tumbuk sampai halus lalu balurkan ramuan tersebut pada tempat yang sakit . Lakukan hal ini secara rutin sampai bengkaknya kempes dan sembuh .
Cara kedua : siapkan kapur biru atau orang biasanya menyebut dengan nama blawu, campur kapur biru tersebut dengan air secukupnya kemudian balurkan pada tempat yang bengkak / gondongan sampai merata. Lakukan sampai bengkaknya kempes dan sembuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar